Jumat, 06 Januari 2012


1.      EXPORT DATA
Langkah-langkahnya yaitu:
a.       Jalankan program epidata
b.      Klik export data, pilih SPSS
c.       Maka akan muncul tampilan pemilihan data yang akan di export, pilih data yang akan di export, klik OK
d.      Proses export data sudah selesai, dan klik OK
e.       Tahap selanjutnya, menjalankan program SPSS  kemudian membuka  syntax hasil export data tadi.
f.       Klik run all pada jendela syntax. 


2.      CLEANING DATA
Batasannya adalah:
·         TB : 138.5-183.0
·         BB: 37.0 - 85.8
·         TD SISTOLIK : 80-200
·         TD DIASTOLIK : 60-150
·         Hb : 6.5 -16.5
·         Pernah : 1,2 (1=ya, 2= tidak)
·         Kerja :  1-6
·         Didik : 0.2.3.4
·         Fundus, ukur tb. Tensi, Tfe, tt : 0.1
·         Akseptor 1.2
·         Ksepsi : 1-5
·         Alsn: 1-4
·         Rencana : 1-5
PROSES:
Contoh      :  pendidikan
Analyze >>  deskriptive statistik >>  frequencies
*      
Akan muncul jendela frequencies dan pilih variabel pendidikan dengan nama field “didik” lalu klik ok.
Setelah itu akan muncul output daru frequensi pendidikan, lihat apakah ada missing atau data yang melenceng dari batas- batas yang telah ditentukan.

Untuk menemukan data yang missing itu bisa dilakukan dengan langkah berikut:
Data >> sort case




Lalu akan muncul jendela berikut:

Pilih variabel yang akan di-cleaning (pendidikan formal ibu) pilih ascending untuk mengurut dari atas, maka akan tampak record missing terletak pada urutan paling atas dan dessending urutan dari bawah.
HASIL :
Data awal sebanyak 16487 data setelah dilakukan pen-cleaning-an data akhir sebanyak 14960 data
3.      ANALISA UNIVARIAT
PROSES:
Analyze >>  deskriptive statistik >>  frequencies lalu akan muncul jendela frequencies lalu pilih variabel yang akan dianalisa (ex: pendidikan) >> klik statistik seperti gambar berikut:

Checklist yang ingin dilihat dari variabel tersebut, klik continue.
Jika  ingin membuat chart dari variabel tersebut, klik chart >> pilih jenis chart

Klik continue dan klik OK.
hasilnya akan nampak di output


4.      ANALISA BIVARIAT
7 Langkah ringkas analisis bivariate
  1. Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian dan tentukan
  2. Identifikasi field dalam database
  3. Tentukan karakteristik field (K/N)
  4. Tentukan uji / analisis sementara
  5. Apabila terdapat variabel numeric   lakukan uji normality
  6. Rumuskan hipotesis pengujian, baca hasil dan interpretasikan hasil
  7. Bahas hasil
a.       Bandingkan dengan teori yang dipakai
b.      Bandingkan penelitian sejenis

1.      HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN
  1. Variabel
a. Indep à pendidikan
b. Dep               à pekerjaan
Hipotesis penelitian : Ada hubungan pendidikan dengan pekerjaan
  1. Field
a. Indep à didik
b. Dep               à kerja
3.  Karakteristik
a. didik            = K
b kerja            = K
4.   K à Kà uji beda proporsi
Uji yang dipakai adalah uji beda proporsi (chi square)


5. Tidak ada numerik
      6. H0 pengujian : tidak ada hubungan antara pendidikan dan pekerjaan ibu
p=0,000 bandingkan dengan alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara pendidikan responden dengan pekerjaan responden
2.      HUBUNGAN ANTARA UMUR DENGAN KADAR HB
  1. Variabel
a. Indep à umur ibu
b. Dep               àkadar hb
Hipotesis penelitian : Ada hubungan antara umur dengan kadar Hb
  1. Field
a. Indep à umur
b. Dep               à hb
3.  Karakteristik
a. umur            = N
b kadar hb       = N
4.   N à Nà korelasi
Uji yang dipakai adalah uji korelasi
5.      Tidak ada kategorik
6. H0 pengujian : tidak ada hubungan antara umur dengan kadar hb
p=0,143 bandingkan dengan alfa
p>α à p > 0,05 à H0 diterima è tidak ada hubungan antara umur dengan kadar Hb
3.      HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN KONTRASEPSI YANG DIPILIH DALAM BER-KB
1.      Variabel
a. Indep à tingkat pendidikan
b. Dep               à metode kontasepsi yang dipilih
Hipotesis penelitian : Ada hubungan tingkat pendidikan dengan metode kontrasepsi yang dipilih

  1. Field
a. Indep à didik2
b. Dep               à mket
3.  Karakteristik
a. didik2          = K
b mket                         = K
4.   K à Kà uji beda proporsi
Uji yang dipakai adalah uji beda proporsi (chi square)
5        Tidak ada numerik
6        H0 pengujian : tidak ada perbedaan proporsi responden yang anemia antara yang pernah atau tidak mendapat tablet Fe     
p=0,000 bandingkan dengan alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan metode kontrasepsi yang dipilih
4        HUBUNGAN ANTARA PERNAH  ATAU TIDAK DAPAT TABLET FE DENGAN KADAR HB IBU HAMIL 
1.      Variabel
a. Indep à pernah atau tidak dapat tablet fe
b. Dep               à kadar Hb
Hipotesis penelitian : Ada hubungan pernah atau tidak dapat tablet Fe denagn kadar ibu hamil
2.      Field
a. Indep à Tfe
b. Dep               à Hb
3.  Karakteristik
a. Tfe   = K
b. Hb   = N
4.   K à Kà uji T independent
Uji yang dipakai adalah uji T independent
5        Uji Normality
Skeweness: - 0, 218 (normal)
Q-Q plot          : data berdistribusi normal
6.      H0 pengujian : tidak ada hubungan antara pernah atau tidak pernah mendapat tablet Fe dengan kadar Hb ibu hamil
p= 0,006 bandingkan dengan alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara pernah atau tidak pernah pemberian tablet Fe dengan kadar Hb ibu hamil

5.      HUBUNGAN ANTARA TEKANAN DARAH (SISTOLIK/DISTOLIK) DENGAN GOLONGAN DARAH
1.      Variabel
·         Independen : Tekanan Darah Sistolik
·         Dependen : Golongan Darah
2. field
·         Independen :hpsis
·         Dependen : darah
3. Karakteristik Field (K/N)
·         hpdias : K
·         darah : K
4. Tentukan analisis sementara : Uji Chi-square
5. tidak terdapat variabel numerik
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada hubungan antara tekanan darah sistolik dengan golongan darah
6.      Bahas Hasil :
·         P = 0,000 è P < α
·         Ho = Ditolakè Ada hubungan antara  tekanan darah sistolik dengan golongan darah

B. Diastolik
1. Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Tekanan Darah Diastolik
·         Dependen : Golongan Darah
2. Identifikasi field dalam database
·         Independen : hpdias
·         Dependen : darah
3. Tentukan karakteristik field (K/N)
·         hpdias : K
·         darah1 : K
4. Tentukan analisis sementara : Uji chi-square
5. tidak terdapat variabel numerik
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada hubungan  antara  tekanan darah diastolik dengan golongan darah
7.      Bahas Hasil :
·         P = 0,000 P < α
·         Ho = Ditolak è ada hubungan tekanan darah diastolik dengan golongan darah.

 untuk lebih lanjutnya silahkan klik disini... :)
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar