1.
EXPORT
DATA
Langkah-langkahnya yaitu:
a. Jalankan
program epidata
b. Klik
export data, pilih SPSS
c. Maka
akan muncul tampilan pemilihan data yang akan di export, pilih data yang akan
di export, klik OK
d. Proses
export data sudah selesai, dan klik OK
e. Tahap
selanjutnya, menjalankan program SPSS
kemudian membuka syntax hasil
export data tadi.
f. Klik
run all pada jendela syntax.
2.
CLEANING
DATA
Batasannya adalah:
·
TB : 138.5-183.0
·
BB: 37.0 - 85.8
·
TD SISTOLIK : 80-200
·
TD DIASTOLIK : 60-150
·
Hb : 6.5 -16.5
·
Pernah : 1,2 (1=ya, 2= tidak)
·
Kerja :
1-6
·
Didik : 0.2.3.4
·
Fundus, ukur tb. Tensi, Tfe, tt : 0.1
·
Akseptor 1.2
·
Ksepsi : 1-5
·
Alsn: 1-4
·
Rencana : 1-5
PROSES:
Contoh :
pendidikan
Analyze
>> deskriptive statistik >> frequencies

Akan muncul jendela
frequencies dan pilih variabel pendidikan dengan nama field “didik” lalu klik
ok.
Setelah itu akan muncul
output daru frequensi pendidikan, lihat apakah ada missing atau data yang
melenceng dari batas- batas yang telah ditentukan.
Untuk menemukan data
yang missing itu bisa dilakukan dengan langkah berikut:
Data >> sort case
Lalu akan muncul
jendela berikut:
Pilih variabel yang
akan di-cleaning (pendidikan formal ibu) pilih ascending untuk mengurut dari
atas, maka akan tampak record missing terletak pada urutan paling atas dan
dessending urutan dari bawah.
HASIL
:
Data awal sebanyak 16487 data setelah dilakukan
pen-cleaning-an data akhir sebanyak 14960
data
3.
ANALISA
UNIVARIAT
PROSES:
Analyze >> deskriptive statistik >> frequencies lalu
akan muncul jendela frequencies lalu pilih variabel yang akan dianalisa (ex:
pendidikan) >> klik statistik seperti
gambar berikut:
Checklist yang
ingin dilihat dari variabel tersebut,
klik continue.
Jika ingin membuat chart dari variabel tersebut,
klik chart >> pilih jenis
chart
Klik
continue dan klik OK.
hasilnya akan nampak di output
hasilnya akan nampak di output
4. ANALISA BIVARIAT
7 Langkah ringkas
analisis bivariate
- Identifikasi
variabel dalam tujuan penelitian dan tentukan
- Identifikasi
field dalam database
- Tentukan
karakteristik field (K/N)
- Tentukan
uji / analisis sementara
- Apabila
terdapat variabel numeric lakukan
uji normality
- Rumuskan
hipotesis pengujian, baca hasil dan interpretasikan hasil
- Bahas
hasil
a.
Bandingkan dengan teori yang dipakai
b.
Bandingkan penelitian sejenis
1.
HUBUNGAN
ANTARA PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN
- Variabel
a.
Indep à
pendidikan
b.
Dep à pekerjaan
Hipotesis
penelitian : Ada hubungan pendidikan dengan pekerjaan
- Field
a.
Indep à
didik
b.
Dep à kerja
3. Karakteristik
a.
didik = K
b
kerja =
K
4. K à Kà uji beda proporsi
Uji
yang dipakai adalah uji beda proporsi (chi square)
5.
Tidak ada numerik
6. H0 pengujian : tidak ada hubungan
antara pendidikan dan pekerjaan ibu
p=0,000 bandingkan dengan
alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara pendidikan responden dengan pekerjaan responden
2.
HUBUNGAN
ANTARA UMUR DENGAN KADAR HB
- Variabel
a.
Indep à
umur ibu
b.
Dep àkadar hb
Hipotesis
penelitian : Ada hubungan antara umur dengan kadar Hb
- Field
a.
Indep à
umur
b.
Dep à hb
3. Karakteristik
a.
umur =
N
b
kadar hb = N
4. N à
Nà korelasi
Uji
yang dipakai adalah uji korelasi
5.
Tidak
ada kategorik
6.
H0 pengujian : tidak ada hubungan antara umur dengan kadar hb
p=0,143 bandingkan
dengan alfa
p>α à p > 0,05 à H0 diterima è tidak ada hubungan antara umur dengan kadar Hb
3.
HUBUNGAN
ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN KONTRASEPSI YANG DIPILIH DALAM BER-KB
1. Variabel
a.
Indep à
tingkat pendidikan
b.
Dep à metode kontasepsi
yang dipilih
Hipotesis
penelitian : Ada hubungan tingkat pendidikan dengan metode kontrasepsi yang
dipilih
- Field
a.
Indep à
didik2
b.
Dep à mket
3.
Karakteristik
a.
didik2 = K
b
mket = K
4. K à Kà
uji beda proporsi
Uji
yang dipakai adalah uji beda proporsi (chi square)
5
Tidak ada numerik
6
H0 pengujian : tidak ada perbedaan
proporsi responden yang anemia antara yang pernah atau tidak mendapat tablet Fe
p=0,000 bandingkan
dengan alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan metode kontrasepsi
yang dipilih
4
HUBUNGAN
ANTARA PERNAH ATAU TIDAK DAPAT TABLET FE
DENGAN KADAR HB IBU HAMIL
1. Variabel
a.
Indep à
pernah atau tidak dapat tablet fe
b.
Dep à kadar Hb
Hipotesis
penelitian : Ada hubungan pernah atau tidak dapat tablet Fe denagn kadar ibu
hamil
2. Field
a.
Indep à
Tfe
b.
Dep à Hb
3.
Karakteristik
a.
Tfe = K
b.
Hb = N
4. K à Kà uji T independent
Uji
yang dipakai adalah uji T independent
5
Uji
Normality
Skeweness:
- 0, 218 (normal)
Q-Q
plot : data berdistribusi normal
6. H0
pengujian : tidak ada hubungan antara pernah atau tidak pernah mendapat tablet
Fe dengan kadar Hb ibu hamil
p= 0,006 bandingkan
dengan alfa
p<α à p < 0,05 à ada hubungan antara pernah atau tidak pernah pemberian tablet Fe
dengan kadar Hb ibu hamil
5.
HUBUNGAN
ANTARA TEKANAN DARAH (SISTOLIK/DISTOLIK) DENGAN GOLONGAN DARAH
1. Variabel
·
Independen : Tekanan Darah Sistolik
·
Dependen : Golongan Darah
2.
field
·
Independen :hpsis
·
Dependen : darah
3.
Karakteristik Field (K/N)
·
hpdias : K
·
darah : K
4.
Tentukan analisis sementara : Uji Chi-square
5.
tidak terdapat variabel numerik
6. Rumuskan hipotesis pengujian
pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·
Ho : Tidak ada hubungan antara tekanan darah sistolik dengan golongan darah
6. Bahas
Hasil :
·
P
= 0,000 è P < α
·
Ho
= Ditolakè Ada hubungan antara
tekanan darah sistolik dengan golongan darah
B. Diastolik
1.
Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Tekanan Darah Diastolik
·
Dependen : Golongan Darah
2.
Identifikasi field dalam database
·
Independen : hpdias
·
Dependen : darah
3.
Tentukan karakteristik field (K/N)
·
hpdias : K
·
darah1 : K
4.
Tentukan analisis sementara : Uji chi-square
5.
tidak terdapat variabel numerik
6. Rumuskan hipotesis pengujian
pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·
Ho : Tidak ada hubungan antara tekanan darah diastolik dengan golongan darah
7. Bahas
Hasil :
·
P
= 0,000 P < α
·
Ho
= Ditolak è ada hubungan tekanan
darah diastolik dengan golongan darah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar